literasi

 bagaimana cara membuat berita yang bisa menarik minat baca masyarakat?

membaca adalah cara kita agar dapat mengenal dunia dan menambah wawasan dengan luas. bukan hanya itu, denghan membaca juga kita bisa mengisi waktu senggang kita. di zaman yang mulai maju ini membaca bukan hanya bisa di melalui buku, koran, majalah. namun bisa di lakukan melalui gadged di manapun dan kapan pun kita inginkan.meski begitu, kita juga harus pandai memilah mana bacaan ataupun berita yang baik untuk kita cerna.

berita adalah makanan kita sehari-hari. entah berita itu dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis. dalam membuat berita dan menyampakannya kita nggak boleh main-main. dalam membuat berita kita harus memperhatikan struktur-struktur berita. 

literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menghitung, menulis, berbicara dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang di perlakukan dalam kehidupan sehari-hari. literasi juga sebagai wadah untuk mengembangkan bakat seseorang dalam bakat-bakat yang tercantum pada literasi.

beberapa minggu yang llu tim literasi el-saka mendapatkan tambahan ilmu berupa ‘Bagaiman cara membuat berita dengan baik dan benar?’ bersama pak Agus Buchori selaku pembina dan pemateri.

disitu para tim literasi el-saka di ajari tentang cara membuat berita yang bisa menarik minat beca orang-orang

1. Orientasi berita, merupakan pengenalan suatu masalah atau peristiwa yang akan di bahas dalam berita tersebut.

2. Peristiwa, dalam membuat berita kita harus mencari berit terlebih dahulu. kalau bikin berita nggak ada peristiwanya ya bukan berita dong namanya.

3. sumber berita, sumber berita bisa juga di sebut dengan narasumber

4. Gunakan bahasa yang baku bila berita itu bersifat formal.

di atas tadi adalah struktur dalam membuat berita 

well, gimna sih biar orang-orang minat sama berita yang kita buat?

pastinya kalian harus buat judul uang menarik, usahakan juga tulis berita yang baru, bukan yang sudah lampau. pastikn juga jangan buat berita-berita hoax

                                                                          

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *