MENGAPA HARUS JATUH KALAU KITA BISA?

  Kesedihan adalah sifat alami yang dimiliki setiap manusia, biasanya kesedihan muncul akibat dari tidak dapat menerima keadaan, seperti kehilangan, kegagalan, kesusahan, kecewa, stres, atau patah hati.
  Sebenarnya bersedih dibolehkan dan ternyata bersedih memiliki dampak baik bagi tubuh, yakni dapat membersihkn racun dan meluapkan emosi yang terpendam. akan tetapi, kesedihan  juga dapat berdampak buruk jika terjadi berlarut-larut ini lah yang tidak diperbolehkan dalam islam. contoh dari kesedihan yang berlarut-larut adalah menangis berhari-hari tanpa henti karena ditinggal orang tercinta, menangis dalam waktu yang lama sehingga melupakan beribadah kepada Allah dan bersedih hingga melukai diri sendiri .

“JANGANLAH BERSEDIH, SESUNGGUHNYA ALLAH BERSAMA KITA” firman Allah swt (QS. At-taubah:40)

bagi yang masih bingung gimana caranya ngilangin kesedihan, berikut adalah cara-cara menghilangkannya:

1. ingatlah bahwa allah bersama kita,
    serumit dan seberat apapun masalah kita dan sehancur apapun luka kita, kita harus selalu mengingat bahwa Allah itu bersama kita dan selalu mendampingi kita dalam menghadapi masalah tersebut hingga selesa, ingat bahwa Allah memberi kita musibah atau masalah itu karna dia sayang terhadap kita sehingga dia mengetes seberapa kuatkah kita dalam menghadapi ujianya.
2.berdzikir,
   Berdzikir adalah ikhtiar,salah satu cara yang mampu menenangkan kita karna, kita menyebut nama-nama agung/besar Allah yang di anjurkan rasul kepada umat islam, selain itu kita juga mendapat plus bonus paha juga lho.
3.istighfar,
   Ucapan yang sangat mendamaikan hati ketika mendapatkan suatu cobaan sehingga hati kita seakan mendapat suatu kekuatan dan kelegaan.
4.shalat sunnah,
   Ibadah yang dianjurkan Allah dan nabi muhammad.shalat sunnah juga dapat menyempurnakan shalat-shalat wajib yang sudah kita lakukan.
5.berdo’a kepada Allah
   Semua memang membutuhkan suatu perjuangan namun juga tak luput dari do’a kepada Allah.karna Allah-lah satu-satunya tempat yang paling baik untuk temapt bercerita.
6.membaca Al-quran,
   dengan membaca al quran dapat menjadikan hati kita lebih tenang dan dapat sedikit mengurangi beban masalah yang menimpa.
7.sadari bahwa dunia hanya sementara,
   sedih memang jika kita mengingat bahwa dunia ini hanya sementara namun,kita harus mengingatnya agar diri kita tak dikuasai dengan setan untuk melakukan hal-hal buruk yang tidak disukai Allah, sehingga akan membuat kita merugi diakhirnya.
8.berpikir positif,
   pikiran memang sering melayang kemana-mana,tapi kita harus menjaga pikiran kita agar selalu tetap berpikir positif jangan membiarkan pikiran negatif memenuhi otak kita karna pikiran negatif dapat merusak naluri jiwa kita (tertekan).
9.melakukan sesuatu yang positif,
   perbuatan juga harus kita jaga,kita harus berpikir jika akan melakukan sesuatu maka harus melihat dampak positif dan negatifnya.
10.curhat kepada orang yang diprcayai,
     jika masalah yang ada pada kita berat, dan kita sudah tidak sanggup menanggungnya sendiri maka ceritakanlah kepada orang yang menurut kalian dapat menjaga rahasia dan bisa memberi suatu solusi karna itu juga dapat menghilangkan beban kita.
11.sabar,
     sabar adalah kunci utama dalam menghadapi suatu masalah,memang sabar itu sesuatu yang sepele namun terasa berat jika dilakukan,itulah mengapa Allah memberi kita ujian karna Allah melihat seberapa banyak rasa sabar yang ada pada diri kita.
12.bershalawat,
     subhanallah, lantunan kalimat baik yang dapat menenangkan jiwa-jiwa pendengar juga pengucapnya yang terdengar sangat indah.
13.jangan menyesal’
     kodrat manusia penyesalan selalu berada dibelakang, salah satu sifat yang mampu berdampak negatif ini harus kita jauhi,karna apa?  karna, menyesal hanyalah perbuatan setan yang terkutuk.
14.hindari sifat rendah diri dan minder.
     sifat rendah diri sangatlah dibenci oleh Allah karna seakan-akan tidah mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepadanya. dan hindari sifat minder karna minder adalah suatau halangan yang membuat kita gagal dalam menunjukkan bakat yang kita miliki.
15.sandarkan semua kepada Allah’
      semua masalah yang menimpa sandarkanlah kepada Allah karna Allah lah sebaik-baik perencana setelah kita melakukan perjuangan serahkanlah kepada Allah birlah dia yang akan mengatur bagaimana alur cerita akhirnya.

 setelah kalian mengetahui saya harap kalian akan melakukanya janganlah diri kalian dilingkari dengan kesedihan yang berlarut-larut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *