TUGAS SANTRI SEBENARNYA

            Santri juga seorang pelajar yang bertugas untuk menuntut ilmu, tetapi orang yang menyandang predikat santri ia tidak dapat tugas untuk mencari ilmu saja tetapi memiliki beban tersendiri. Yakni mengamalkannya apabila kita telah keluar dari pesantren, dan memang itu sejatinya tugas yang sebenarnya.
            Seperti yang telah di jelaskan pada penggalan surat at-taubah ayat 122 berbunyi; 
’memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali agar mereka dapat menjaga dirinya’
            Yang di maksud dalam penggalan ayat di atas ialah seorang santri telah kembali dari pesantren pulang menuju desanya masing masing, hendaklah ia memberi peringatan dengan berdakwah kepada kaum kaum yang berada di desanya masing-masing. Jadi tujuan kita menjadi santri ialah di harapkan menjadi pencerah di kampung halaman.
            Memang di pondok terdapat banyak sekali santri yang sudah siap mengamalkan ilmunya, bak mutiara yang di kumpulkan dalam satu tempat memang tak terlihat indah karena memiliki kesamaan. Tetapi beda lagi apabila mutiara itu di letakan di sebuah hamparan pasir laut yang menepi, suasana akan berbeda pandangan tertitik pada satu mutiara yang menghiasi hamparan pasir tersebut. Itulah pengibaratan santri yang apabila ia kembali ke masyarakat akan memiliki aura yang berbeda, yaitu aura yang memberi pencerahan di sekitarnya.
            Di saat mereka di luar sibuk mengerjakan pr dari guru sekolahnya, santri sedang sibuk mengejar target setoran hafalan, di kala mereka asyik bermain dengan gedgetnya kami santri sibuk memikirkan apa yang bisa di dapatkan dan di bawa pulang untuk di amalkan di desa. Dan memang itulah manfaat sebuah ilmu ialah di amalkan, se sedikit dan sekecil apapun ilmu yang telah kita dapat akan menjadi barokah apabila kita amalkan.
            Ada pepatah arab mengatakan ‘’ilmu apabila tidak di amalkan bagaikan sebuah pohon yang tidak berbuah’’ bisa juga kita maknai lebih baik kita mempunyai sedikit ilmu tapi kita amalkan, dari pada mempunyai banyak ilmu tetepi tidak pernah di amalkan.(paciran1/10/19)
                                                                       

One thought on “TUGAS SANTRI SEBENARNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *