Apa Sih Tujuan Hidup Kita ???

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Sobat kali ini kita akan membahas tentang : 

Apa Sih Tujuan Hidup Kita ???

Tujuan hidup adalah hal mendasar untuk manusia bisa bertahan hidup di dunia ini. Setiap orang harus memiliki tujuan, sekecil apa pun itu. Meski begitu, gak jarang banyak orang yang kebingungan mencari tujuan hidup dan pada akhirnya menjalani hidup ala kadarnya. 
Padahal tujuan  sebenarnya manusia hidup di dunia ini adalah untuk Sukses bahagia di dunia dan sukses bahagia di akhirat. 


Maka dari itu kita harus senantiasa berdo’a kepada Allah SWT. agar selalu diberikan rahmat-Nya. sebagaiman firman Allah SWT. dalam surat Al-Baqoroh ayat 201 yang berbunyi :

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :”Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.
(QS. Al-Baqoroh:201)

  • Cara Mencapai Kebahagiaan di dunia 

Kebahagian didunia bukan lah saat kita mendapat limpahan harta, ketenaran, kekuasaan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, kebahagian di dunia adalah saat kita mampu memfokuskan diri untuk selalu taat dan patuh dalam mengerjakan kebajikan dan menjauhi segala hal yang dilarang oleh Allah SWT. serta mempersiapkan segala amal untuk di akhirat kelak. Walaupun kita dalam keadaan miskin tidak punya harta sedikitpun tapi kita memiliki iman yang kuat serta kepedulian yang tinggi kepada orang yang membutuhkan dibawah kita, maka hidup ini akan tentram dan penuh dengan kebahagian yang tak terkira karena kita berada dalam naungan rahmat yang Maha Kuasa yakni Allah SWT.

  • Cara Mencapai Kebahagiaan di akhirat 

Tujuan Akhirat kita pasti lah memilih Jalur Kanan (Syurga) bukan kebalikankannya yakni Jalur Kiri (Neraka), sehingga kita harus mengerti apa sih cara yang harus kita lakukan agar dapat mencapai Syuganya Allah SWT. berikut adalah ulasan beberapa hal dlam mencapai Syurga :

1. ILMU adalah Jalan untuk kita mencapai syurga maka dari itu kita     harus senantiasa ikhlas dalam mencari ilmu dan menuntut ilmu         adalah kewajiban bagi setiap muslim :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ


Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

2. AMAL SHOLEH adalah Pintu menuju syurga, karena amal yang perta       kali dihisab adalah Sholat kita sehingga amal kita dianggap baik     apabila sholat kita juga baik. Dan pintu syuga paling tengah         adalah BIIRULWALIDAIN yaitu berbakti kepada kedua orang tua,         Kita dapat disebut berbakti kepada kedua orang tua apabila           memenuhi 3 hal, yaitu :
  • Berbuat baik kepada kedua orang tua
  • Tidak menyakiti kedua orang tua
  • Sabar terhadap orang tua

   Selagia kedua orang tua kita masih ada, mak gunakan kesempatan       tersebut untuk berbakti kepada mereka agar pintu syurga paling       tengah tak tertutup bagi kita.

3. Kalimat TAHLIL adalah Kunci menuju           syurga,Apabila ada seorang muslim yang       menghadapi sakarotul maut kita harus         senantiasa untuk  mendorong orang             tersebut untuk membaca kalimat Tahlil.
Demikianlah ulasan sedikit ilmu tentang mencapai tujuan hidup di dunia ini, Semoga kita senantiasa diberikan rahmat oleh Allah SWT. dan senantiasa beribadah ikhlas karena-Nya, serta dapat mencapai kebahagiaan Dunia dan Akhirat. Amiin….
شُكْرًا كَثِيْرًا 

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Paciran,21 September 2019
AWS_Creator


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *