Munculnya Pelangi

  hai sobat!  pada kesempatan kali ini saya akan akan membahas seputar tentang fakta munculnya pelangi.  ya bagaimana menurut tanggapan anda tentang munculnya pelangi?

  Banyak sekali tanggapan orang-orang tentang munculnya pelangi. ‘pelangi itu muncul karena naga sedang turun ke sungai dan mencari air’, ada juga yang berpendapat bahwa ‘bidadari turun kesungan untuk mandi’ itulah pendapat anak-anak. bahkan ibu-ibupun berpendapat kalau ‘pelangi muncul karena pantulan dari lautan menuju ke arah cahaya matahari, yang menerobos melalui awan sehingga menimbulkan efek cahaya warna-warni’.  

 Kalian pasti bingungkan, sebenarnya pelangi muncul itu dari mana? jadi inilah sebenarnya penyebab munculnya pelangi.

  Pelangi adalah fenomena optik yang terjadi ketika sinar matahari dan hujan saling bereaksi dengan cara tertentu. pelangi terbentuk karena adanya pembiasaan sinar matahari yang di blokkan. Proses terjadinya pelangi adalah, ketika sinar matahari membentuk hujan, sinar tersebut berubah arah (dibiaskan) oleh butiran air di udara. Ternyata,ada sinar matahari yang memantul kembali atau lebih tepatnya di pantulkan. nah saat sinar matahari datang lagi menembus air saat hujan, cahayatersebut di biaskan lagi sehingga membuat warna-warna pelingi terpecahkan.  begitu juga fakta-fakta terjadinya pelangi, ada banyak sekali fakta-fakta munculnya pelangi, namun disini saya akan menyampaikan sebagian saja.


1. Pelangi tak hany muncul dipagi atau sore hari,namun juga dimalam hari. bukan mengandalkan cahaya matahari,melainkan cahaya bulan, oleh sebab itu pelangi ini dinamakan “moonbow”

2. Selain moonbow, ada pula fenomena lain bernama “fogbow” ketika ketika pelangi seperti tak memiliki warna dan dianggap kabut saja.

3. Karena keadaan yang berbeda dari rintik hujan yang dilihat oleh kedua mata,mata kiri dan kanan manusia melihat pelangi yang berbeda,lho

4.Cahaya yang memantul dari tetesan air hujan yang menciptakan pelangi bisa terlihat sama sekali berbeda bagi orang lain.

5.Menurut ilmuan atmosfer, JEAN RICHARD, pelangi dapat muncul berupa kembar tiga,bahkan empat sekaligus.


  Nah banyak sekali kan penyebab dan fakta-fakta dari pelangi,jadi dapat disimpulkan bahwa pelangi muncul itu karena sinar matahari membentur hujan dan mengenai percikan airnya sehingga membuat pantulan cahaya yang begitu indah bukan hanya sinar matahari aja loh, ternyata pelangi juga dapat muncul dengan sinar dari bulan, wah keren bukan? makanya pelangi sering di sebut sebagai fenomena alam yang optik.  inilah seputar info terjadi munculnya pelangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *